18 December 2014

Cara Mudah Membuat USB Flashdisk Bootable Windows 7 Tanpa Software atau Aplikasi

Ingin menginstall Windows 7 di laptop dan komputer tetapi tidak punya DVD drive? Buat saja dengan USB Flashdisk. Berikut ini saya jelaskan cara membuat flashdisk boot untuk Windows 7 tanpa aplikasi apapun.

Yang harus dipersiapkan:
1. Flashdisk dengan kapasitas paling kurang 4 GB
2. Komputer dengan aplikasi Windows XP/7/8
3. CD, ISO, atau file installer Windows 7

Langkah pembuatan:

  1. Format flashdisk menggunakan komputer dengan memilih tipe format sistem NTFS. (Peringatan: Format flashdisk menghapus seluruh isi data di flashdisk)
  2. Buka file instalasi Windows 7, baik dari DVD installer, mount di virtual drive jika itu file ISO. Biasanya terdapat folder bernama boot, efi, sources, support, upgrade, dan file bernama autorun, bootmgr, bootmgr.efi dan setup.exe
  3. Copy semua folder dan file itu ke flashdisk, tanpa dimasukkan ke folder apapun
  4. Setelah selesai dicopy, pada flashdisk, ubah nama file "bootmgr" (tanpa tanda kutip) menjadi "ntldr" (tanpa tanda kutip)
  5. Selesai.
Anda boleh coba flashdisk boot anda sekarang, jangan lupa settingan bios pada posisi boot melalui USB. Atau kebanyakan komputer ada pilihan menu pilihan untuk boot dari media mana, tombol pilihan ini bisa berbeda-beda, untuk laptop saya sesaat setelah laptop/komputer dihidupkan tekan tombol esc sampai muncul menu, baca baik-baik menu yang muncul dan pastikan pilihan boot pada USB Flashdisk.