10 August 2012

Windows 7 Theme Ubuntu dengan satu langkah

Tulisan ini mirip dengan tulisan saya sebelumnya tentang menjadikan linux menjadi tampilan seperti windows XP dalam satu langkah.

Berbekal tantangan teman yang mengklaim kalau windows 7 miliknya lebih bagus tampilannya daripada ubuntu di desktop saya, karena ingin membuktikan kalau ubuntu lebih "customable" daripada winows dan juga bisa dibuat mirip dengan windows, saya lantas mencari ke situs langganan saya di www.gnome-look.org, begitu banyak theme yang ditawarkan, tapi saya lebih tertarik dengan yang INI, karena:

1. Hanya butuh satu file untuk semua theme (mulai icon, desklet, theme sampai emerald)
2. Punya file instalasi dan uninstalasi nya
3. Mudah digunakan tanpa harus mengoprek, hanya dengan satu klik maka semua terinstall secara otomatis.

Namun demikian, persyaratan utama supaya instalasi berjalan sempurna:

1. Koneksi internet (mutlak), karena nantinya ada pendukung yang mesti diinstall (otomatis)
2. Setingan "Visual Effects" pada "Extra", minimal "Normal"
3. Compiz Confiz Setting Manager terinstall dengan efek blur diaktifkan (Sudah saya bahas pada tulisan sebelumnya)

Tinggal download filenya di SINI, lalu ekstrak dan klik Install.sh, jika ditanya "Run via terminal", maka ikuti petunjuk yang keluar, maka ubuntu akan menjadi Windows 7.

Catatan: saya menyebutkan ubuntu karena saya mencobanya di ubuntu, namun demikian ini bisa diterapkan di linux Gnome, untuk KDE sepertinya ada pembahasannya di www.kde-look.org, silakan berselancar ria. Berikut ini screenshot theme yang terinstall di desktop saya.

(Klik gambar untuk memperbesar)