10 August 2012

Split file (Memecahkan File) berukuran besar dan menyatukan kembali (OS: Linux)

Teringat pengalaman saya yang ingin meng-copy file berukuran besar yang ada di komputer untuk dipindahkan ke laptop, file tersebut berukuran 700 Mb, tapi kapasitas flashdisk cuma 256 MB, karena sangat mendesak waktu itu dan sifat saya yang tidak sabar, saya langsung googling dan dapat hasil yang terbilang cukup mudah ternyata, tidak perlu instalasi apapun dan hanya perlu bermain di terminal (non GUI).

1. Buka terminal dan arahkan ke folder aktif, dalam hal ini saya ingin memecah file ubuntu-8.10-desktop-i386.iso yang ada di direktori ~/Master/ISO, maka saya mengetikkan di terminal:

cd ~/Master/ISO

2. Saatnya proses memecah file berukuran 700 Mb tersebut menjadi empat bagian agar muat di flashdisk saya yang hanya 256 Mb, saya membaginya masing-masing berukuran 200 Mb, ketik perintah di terminal:

split -d -b 200m ubuntu-8.10-desktop-i386.iso ubuntu-8.10-desktop-i386.iso.part

Tunggu beberapa saat sampai selesai, sekarang di folder aktif bisa dilihat ada 4 file hasil split tadi, dengan nama ubuntu-8.10-desktop-i386.iso.part01 sampai dengan ubuntu-8.10-desktop-i386.iso.part04, tiga file pertama berukuran tepat 200 Mb dan file keempat berukuran 98,8 Mb.

3. Saya mengkopi file tersebut ke laptop dan saya letakkan di folder yang sama, yaitu ~/Master/Iso kemudian saya menggabungkannya kembali dengan perintah:

cd ~/Master/ISO
cat ubuntu-8.10-desktop-i386.iso.part* > ubuntu-8.10-desktop-i386.iso

Tunggu beberapa saat hingga selesai, maka di folder aktif tersebut akan muncul satu file utuh bernama ubuntu-8.10-desktop-i386.iso yang sama persis seperti file sebelum dipecahkan tadi.

thanks to: http://balikpapan.linux.or.id