10 August 2012

Ripping DVD ke MKV dengan Avidemux

Sebelumnya telah saya bahas masalah ripping DVD dengan mengunakan AcidRip, kali ini kita coba program powerfull Avidemux yang bisa meripping DVD ke format AVI, MPG, MP4, MKV dan banyak lagi. Untuk bahasan ini kita misalkan ingin meripping DVD dengan format MP4 dengan dekoder x264, kenapa? Untuk hasil yang memuaskan dengan file yang kecil, kita bisa menggunakan format tersebut. Sebagai contoh dengan format DVD standard dan durasi film 1:30 jam akan menghasilkan file MP4 sebesar lebih kurang 300 MB, sangat kecil untuk ukuran film penuh. Kemudian kita bisa menggunakan kontainer MKV untuk menjadikannya format MKV, dan ini yang biasa penggemar film lakukan untuk mendristribusikan film-film lewat internet selain berformat AVI yang telah dibahas dalam bahasan sebelumnya.

Kamu bisa mendownload aplikasi Avidemux di situs resminya http://fixounet.free.fr/avidemux/download.html, tersedia untuk versi Windows, Linux dan Mac. Pilih sesuai sistem operasi Kamu. Dalam contoh kali ini saya menggunakan Avidemux versi 2.4.4 untuk Linux yang berjalan di Ubuntu 9.04 saya. Langsung saja kita bahas tutorialnya.


1. Install program dan buka, tampilan Avidemux tipikalnya seperti di bawah ini.













2. Masukkan DVD yang akan Kamu ripping, Kamu boleh meng-copy seluruh folder Video_TS di DVD ke dalam hardisk atau Kamu bisa memilih langsung ripping dari DVD tanpa dicopy terlebih dahulu, yang pilihan terakhir ini proses akan lebih lambat daripada jika Kamu meripping dari hardisk.

3. Klik tombol 'Open' yang ada di pojok kiri atas, akan terbuka jendela browse file, arahkan ke folder Video_TS pada DVD Kamu atau hardisk Kamu. Kamu harus memilih mana file utama film tersebut, karena kita hanya meripping bagian utama filmnya saja. Mudah dilakukan, karena kita tinggal melihat besarnya file saja, biasanya besarnya sekitar 1024 MB, dengan nama VTS_0x_y.VOB, dengan x dan y nomor dan jumlah filenya. Pilih file utama yang pertama, dalam contoh kali ini kebetulan file utama yang pertama bernama VTS_01_1.VOB (bisa berbeda tergantung DVD), jangan kuatir dengan file-file berikutnya karena Avidemux akan mendeteksinya secara otomatis.

Setelah kita pilih, akan keluar jendela avidemux akan mengindeks video utama serta mendeteksi file utama yang berikutnya sebagai satu kesatuan file keseluruhan. Lihat gambar. Tekan saja 'Yes' untuk kedua kasus di atas. Kemudian akan muncul jendela Avidemux mulai mengindeks file.














































4. Setelah selesai, kita mengatur Video. Klik tombol bertuliskan 'Copy' dibawah tulisan 'Video', dan pilih codec 'MPEG-4 AVC (x264)', jika Kamu mau mengaturnya lebih lanjut Kamu bisa mengklik tombol 'configure'. Tapi secara default rasanya tidak usah mengconfigure lebih lanjut.













5. Selesai itu kita mengatur Audio, klik tombol 'Copy' dibawah tulisan 'Audio' dan pilih sesuai pilihan Kamu, MP3(Lame) boleh menjadi pilihan, namun MP3(Lame) tidak mendukung file audio yang besar (khususnya dolby surround) jadi Kamu boleh memilih AAC(FAAC) jika ada error muncul saat memilih MP3(Lame).
 












6. Dan terakhir, pilih format. Sesuai bahasan kita, kita akan memilih format 'MKV'













7. Klik tombol 'Save' sebelah tombol open di pojok kiri atas, akan terbuka jendela baru tempat memilih file hasil akan diletakkan dimana. Beri nama dan jangan lupa akhirannya dengan ekstensi .mkv.













8. Tekan 'Save' dan Avidemux akan mulai meng-encoding DVD hingga selesai dalam waktu sekitar 120 menit tergantung panjang filmnya.














*note: bahan rujukan lain berbahasa Inggris bisa dibaca di sini:
http://concen.org/forum/thread-38444.html