10 August 2012

Mounting file ISO di Ubuntu dengan nautilus script di Linux (Gnome)

Kita sering membackup CD/DVD dengan format ISO, format image yang mengizinkan kita menyimpan sekepin CD/DVD di dalam hardisk dengan struktur dan isi yang tidak berubah terhadap CD/DVD aslinya. Untuk membuat file ISO dari sebuah CD/DVD di linux dengan desktop Gnome, kita biasa menggunakan software standar yaitu Brasero yang bekerja cukup baik, untuk menginstalnya cukup ketik di terminal:

sudo apt-get install brasero

Kita tidak membahas pembuatan file ISO di sini, karena saya yakin setelah menginstall brasero kamu akan bisa dengan sendirinya karena memang ia sangat mudah digunakan. Permasalahannya adalah kita terkadang ingin melihat isi ISO tersebut untuk sekedar melihat-lihat atau mengkopi sebagian isinya tanpa harus mem-burning kembali file tersebut ke sekeping CD/DVD.

Nautilus sebagai "windows explorer"-nya linux gnome memberikan kemudahan dengan mengizinkan menginstall script di dalamnya, sehingga nantinya fungsi script tersebut akan muncul jika kita mengklik kanan sebuah file. Nah, dalam hal ini kita ingin memberi tambahan menu fungsi "mount" dan "unmount" jika kita mengklik kanan sebuah file ISO. Jadi kita tidak perlu software apapun, hanya dengan klik kanan dan semuanya beres.

Untuk itu ikuti cara-cara berikut:

1. Download nautilus script untuk fungsi mount dan unmount di:





[LINK]

2. Simpan dan extract file tersebut, akan didapat 2 file, yaitu mount.sh dan unmount.sh, letakkan di satu tempat, sebagai contoh di folder /home/dhani/Documents (dhani adalah username kamu di linux)

3. Buka terminal dan ketik comand berikut disitu:
sudo chmod +x /home/dhani/Documents/mount.sh
sudo chmod +x /home/dhani/Documents/unmount.sh
Ini berfungsi untuk mengubah permission file agar bisa dijalankan sebagai script

4. Lagi, ketik di terminal comand berikut:

sudo mv /home/dhani/Documents/mount.sh ~/.gnome2/nautilus-scripts/
sudo mv /home/dhani/Documents/unmount.sh ~/.gnome2/nautilus-scripts/
Ini berfungsi untuk memindahkan kedua file tersebut ke folder nautilus script

5. Selesai.

Cobalah klik kanan pada file ISO kamu, akan muncul submenu Scripts dan diantara isinya adalah mount.sh dan unmount.sh, mount.sh jika kamu ingin memasang file ISO tersebut untuk digunakan, sedangkan unmount.sh berfungsi 'mencabut' file ISO, sama fungsinya dengan eject.

Berikut screenshotnya di desktop saya:

(Klik gambar untuk memperbesar)