10 August 2012

Mengaktifkan RGBA Transparansi di Ubuntu (Karmic, Lucid, Mavercik)

Pendahuluan
Transparansi RGBA rencananya akan dirilis bersama Ubuntu 10.04 LTS (Lucid Lynx), namun akhirnya dibatalkan mengingat beberapa aplikasi dapat menyebabkan ubuntu menjadi macet (crash). Transparansi RGBA akhirnya dirilis pada ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat). Namun bagi Anda yang kebetulan tidak bisa atau tidak suka dengan tampilan Ubuntu 10.10 (seperti saya), Anda tetap bisa mengaktifkan RGBA melalui PPA.

Pertanyaannya, Compiz juga menyediakan pilihan transparansi, kenapa kita harus menggunakan RGBA? Nah, karena kekurangan compiz yang membuat semua jendela menjadi transparan, sehingga malah menyulitkan pembacaan tulisan. Bahkan halaman website juga menjadi transparan dengan latar belakang. Di sini letak keunggulan RGBA; tidak membuat semuanya transparan, hanya pada bagian-bagian jendela tertentu saja yang transparan, sehingga bisa meningkatkan keindahan desktop bagi Anda yang suka bermain desktop yang eye candy.

Anda bisa menginstall dukungan RGBA dari PPA sejak dari Ubuntu Karmic. Untuk Ubuntu sebelum Karmic banyak ditemukan berbagai masalah. Saya pernah menguji RGBA terbaru dari PPA, dan saya tidak melihat adanya crash apapun (catatan: dengan paket default dari PPA, tidak ada pengaturan (tweak) tambahan, diuji pada kartu grafik Nvidia. Namun pada kartu grafik lain, masalah muncul pada aplikasi Totem, Firefox dan sebagainya, aplikasi tersebut crash ketika RGBA diaktifkan, dan RGBA tidak bisa aktif untuk aplikasi tersebut.  Ini berarti dukungan RGBA sekarang lebih stabil, atau aplikasinya telah dikemas dengan lebih baik. Namun saya peringatkan, sebelum menambahkan PPA, mungkin masih ada bug sehingga di dalam penggunaannya nanti resiko menjadi tanggungan Anda sendiri! Saya akan menyertakan  cara menghapusnya untuk berjaga-jaga.


Masalah yang Umum.

Saya menemukan hal yang agak mengganggu, panel sebagian transparant untuk beberapa aplet, namun dengan pemilihan theme panel yang tepat, hal ini bisa dihindari.

Hanya aplikasi GTK+ yang mendukung transparansi RGBA. Itu artinya Firefox, Thunderbird, Songbird, OpenOffice, atau Chrome tidak akan memiliki transparansi apapun. Hal sama berlaku juga untuk GlobalMenu, Skype atau Google Earth yang menggunakan Qt. Inkscape, Gnome Shell dan Totem telah masuk daftar hitam karena bug mereka, sehingga mereka tidak akan mendukung RGBA. Bukan berarti RGBA tidak akan bekerja secara keseluruhan, namun hanya aplikasi yang disebut di atas tidak akan transparan.

Persiapan dan Penginstalan RGBA

Sebelum menginstall RGBA, pastikan bahwa kartu grafik komputer anda mendukung. Atur Compiz Effect minimal ke mode normal. Untuk melakukannya, klik kanan pada desktop, pilih 'Change desktop background' dan pada 'Visual Effects' tab, pilih 'Normal' atau 'Extra'.

Selanjutnya ikuti perintah di bawah ini, dan ingat bahwa semua perintah dijalankan di Terminal.

1. Tambahkan PPA:

sudo add-apt-repository ppa:erik-b-andersen/rgba-gtk

2. Upgrade:

sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade

Anda perlu melakukan kedua perintah di atas untuk  upgrade theme Murrine dan memperbaiki bug yang ada pada Nautilus agar mendukung RGBA.

3. Install Paket yang Diperlukan

sudo apt-get install gnome-color-chooser gtk2-module-rgba

4. Install Tema Murrine

Sebagai pilihan Anda bisa menginstall tema Murrine, perhatikan bahwa RGBA akan bekerja pada tema Murrine dan turunannya (termasuk Ambiance), namun jika Anda sudah menyediakan tema berbasis Murrine, langkah ini bisa Anda lewati. 

sudo apt-get install murrine-themes

5. Gunakan Gnome Color Chooser untuk mengaktifkan RGBA

Klik System > Preferences > Gnome Color Chooser, pada tab 'Engines' centang 'Global' lalu pilih 'Murrine' dari menu. Lihat gambar berikut:


Lalu klik tombol 'Preferences' di sebelahnya lalu gulung ke bawah dan pilih 'Configuration of Enable/Disable RGBA support', centang kedua kotak pilihan 'Enable/Disable RGBA support', lihat gambar.


Lalu klik 'OK' klik 'Apply' dan 'Close'.

6. Gunakan Tema Murrine

Jika Anda menggunakan tema Ambiance atau Radiance, Anda bisa melewakan langkah ini. Namun begitu, Anda bisa menggunakan tema yang Anda sukai asal berbasis Murrine. Klik kanan di Desktop, pilih 'Change Desktop background', kemudian pada tab 'Themes' pilih 'Customize'. Terakhir pada tab 'Controls' pilih salah satu tema berbasis Murrine. Lihat gambar.


7. Restart Komputer Anda

Untuk saat ini, penginstalan dan pengaturan RGBA telah selesai, Anda bisa menikmati desktop dengan tampilan transparant. Namun begitu Anda bisa lebih mempercantik tampilan desktop, dengan membuat transparan dengan nuansa blur (kabur).

Gaussian Blur Compiz

Rasanya tidak lengkap jika transparansi tidak diiringi dengan blur, untuk itu Anda bisa menambahkan gaussian blur bersama-sama dengan RGBA. Untuk itu install program pendukungnya:


sudo apt-get install compiz-fusion-plugins-extra compizconfig-settings-manager
Lalu klik System > Preferences > CompizConfig Settings Manager dan pada menu filter di kiri pilih 'Blur'. Lalu centak kotak di sebelahnya 'Blur Windows' lalu klik di situ (di Blur Windows). Selanjutnya pilih 'Gaussian' dan pilih 'Gaussian Radius' ke angka '5'. Tentu saja Anda bebas menentukan nilai gaussian radiusnya.
Berikut ini screenshot ukuran penuh dari desktop saya.


  


Uninstall RGBA

Dalam suatu kasus RGBA ternyata membuat aplikasi tidak stabil, Anda bisa membuangnya, lakukan saja cara ini:

1. Klik System > Preferences > Gnome Color Chooser dan di tab 'Engines' hilangkan centang di pilihan 'Global'.

2. Download aplikasi  untuk menghapus PPA.
https://launchpad.net/%7Exorg-edgers/+archive/ppa/+files/ppa-purge_0.2.6%7Ekarmic_all.deb

3. Lalu gunakan perintah berikut untuk menghapus PPA RGBA:
sudo ppa-purge ppa:erik-b-andersen/rgba-gtk

4. Kini RGBA telah terhapus total dari komputer Anda.


Sumber: Disadur dengan perubahan dari situs berikut:
http://www.webupd8.org/2010/05/enable-rgba-transparency-in-ubuntu-910.html
http://www.webupd8.org/2009/12/remove-ppa-repositories-via-command.html