19 October 2010

Unduh / Download Youtube dan Video di Firefox

Kita menonton sebuah video internet seperti youtube, myspace, google video dan masih banyak lagi, namun kebanyakan video tersebut tidak disediakan untuk di download walaupun dengan suatu cara tertentu kita bisa mendownloadnya.

Walau ini tergolong mudah dilakukan, namun tak banyak yang tahu bahwa di Mozilla Firefox terdapat begitu banyak aplikasi tambahan (add-on) atau plugin yang sangat membantu para penggunanya dalam memanipulasi data-data di internet ataupun sekedar mempercantik tampilan firefox itu sendiri.

Diantaranya terdapat add-on khusus untuk mendownload video internet tersebut, dari beberapa yang banyak dipakai, dua add-on yang saya sebutkan di bawah adalah yang terbaik dari yang lainnya (menurut review kebanyakan user di halaman yang bersangkutan).

1. Easy Youtube Video Downloader
Add-on yang langsung berhubungan dengan situs youtube, sangat efisien jika kamu hanya ingin mendownload file-file di youtube sesuai dengan namanya. Kamu bisa menuju halaman download add-on nya di :

https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/10137/

Klik tombol 'Add to Firefox', akan muncul jendela instalasi, jika diminta konfirmasi penginstalan tekan 'Allow' atau "Setujui'. Maka firefox akan menginstall add-on tersebut dan meminta re-start firefox.
Coba buka youtube, jika berhasil, di pojok kanan bawah terdapat pilihan download video yang bersangkutan lengkap dengan format yang tersedia (FLV, 3GP, MP4, HD, dll) seperti pada gambar di bawah ini.

[klik gambar untuk memperbesar]

2. Video DownloadHelper
Jika add-on di atas hanya untuk situs youtube, maka add-on ini multi fungsi dan dapat digunakan untuk mendownload hampir semua jenis video yang muncul dalam situs. Download di halaman utamanya di:

https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/3006/

Lakukan penginstalan seperti yang saya sebutkan di atas, dan jika kamu berhasil maka akan muncul tombil tambahan di taskbar atas kiri firefox seperti pada gambar di bawah ini. Coba membuka situs video lain misalnya google atau aplikasi video di facebook, jika firefox mendeteksi adanya video maka simbol add-on akan berputar dan berwarna (yang tadinya hitam putih). Tekan tombol itu, maka akan muncul pilihan video mana yang akan di download.

[klik gambar untuk memperbesar]