07 November 2009

Mencoba Ubuntu 9.10 (Tulisan Kedua)

Setelah menginstall Ubuntu 9.10 Kemarin malam, yang saya lakukan pertama kali tentu merubah tampilan standar yang cokelat itu menjadi agak enak di lihat menurut saya, konsep pertama saya pikir meniru tampilan Windows 7 yang ciamik itu, tapi saya lantas berubah pikiran, saya memakai ubuntu dengan kebanggan tersendiri, dan tak ingin terlihat seperti sistem operasi yang ingin saya tinggalkan itu (masih ingin, sebab belum benar-benar lepa), akhirnya konsep tetap seperti standar GNOME, tapi sedikit polesan pada toolbar, desktop, dan icon. Tidak macam-macam, ingin tampil sederhana, walau nuansa Windows tetap ada.

Ubah panel dengan memilih panel background ala Windows 7, install emerald theme manager beserta tema emerald yang juga ala Windows 7, dan lagi-lagi Icon ala Windows 7, semuanya hasil pencarian di www.gnome-look.org

Kelar mengejar tampilan, install plugin MP3 di Rhythmbox player, install VLC, Audacious. Multimedia pemutar media sudah cukup. Dan mungkin akan ditambah dengan aplikasi lainnya, untuk sementara tampilan Ubuntu di desktop saya seperti screenshot di bawah ini.

1. Desktop












2. Nautilus












3. Aplikasi












4. Firefox