07 November 2009

Alltray, Cara Paling Efektif Me-Minimize Aplikasi ke Sistem Tray pada GNOME, KDE , XFCE

Kadang ada hal sepele yang penting justru terlupakan, seperti saya yang pernah mengalami kesulitan dalam me-minimize aplikasi yang ada di ubuntu 8.10 lalu, salah satu aplikasi yang sering saya minimize ke sistem tray adalah Evolution Mail, Pidgin, serta aplikasi pemutar lagu seperti XMMS dan Audacious.

Malam ini saya kesulitan kembali, karena lupa nama aplikasi yang pernah dipakai, cari mencari akhirnya baru ingat kalau aplikasi itu bernama "alltray".

Saya hanya bisa mencontohkan untuk penginstalan di Ubuntu 9.10 saya ini, langung melalui terminal:

sudo apt-get install alltray

Selesai, tidak ada tampilan GUI untuk alltray ini, kita menggunakannya pada launcher atau pada Startup Applications. Misalkan saja, saya ingin mengaktifkan alltray pada Evolution Mail, buat launcher untuk Evolution:

Type: Application
N
ame
: diisi terserah, misal Evolution
Command: alltray evolution --component=mail

Hal yang sama, jika kita inginkan Evolution berjalan otomatis saat login. Pada Menu System -> Preferences -> Startup Applications, pilih Add, isi dengan perintah yang sama dengan di atas.

Hal ini berlaku untuk semua aplikasi, dengan menyisipkan perintah "alltray" sebelum perintah aplikasi tersebut.