02 May 2008

Radio Komunitas

Nggak teralu ngeh ama istilah yang satu ini, tentang bagaimana, untuk apa, dan seperti apa istilah itu digunakan. Tapi menurut gw yang sekedar comot sana-sini lalu menyimpulkan 'radio komunitas itu wadah bagi penggemar radio amatiran non komersial'

Sebenarnya di daerah luar aceh, radio komunitas justru marak, melebihi studio radio resmi. Kebanyakan jalur FM, kenapa dipilih jalur FM tentunya banyak alasannya: selain suara jernih dan stereo, juga jangkauannya yang nggak terlalu menyebar keluar (maksimal 80 km kali ya) dengan jarak jangkau 'line of sight' atau sepandang mata. Mengingat gelombang FM dipancarkan lurus, kalaupun belok mungkin cuma beberapa derajat, jadi begitu mentok ke horizon yah terus ke angkasa.

Nah balik lagi ke radio komunitas, di beberapa daerah pernah terjadi sweeping frekuensi, mengingat para amatir tidak mengindahkan batas diperbolehkannya frekuensi ilegal, seperti merusak siaran TV dan bahkan masuk ke radio komunikasi untuk lalulintas pesawat. Sangat membahayakan memang.

Tapi terlepas dari itu, jika ada kerjasama pihak amatir dan terkait, tentunya radio komunitas bakal menjadi ajang yang nggak ngebosenin, misalnya saja mendirikan radio komunitas di kampung, pedesaan, yang notabenenya memerlukan cuap-cuap nakal selepas lelah bekerja. Dari kalangan sendiri dan untuk kalangan sendiri.

Saya sendiri pernah membuat radio amatir di jalur FM 100 MHz, justru dalam era maraknya konflik di aceh (tahun 1998 sampai 2004 waktu kejadian Tsunami). Siaran hanya dimulai jam 11 malam sampai terkadang pagi subuh. Dengan siaran yang tidak tertata apik, namun terlihat natural, obrolan ringan yang nggak mengandung SARA, POLITIK, namun cuma obrolan bebas sekelompok mahasiswa dan pengalaman sehari-harinya. Karena itulah radio itu bertahan beberapa tahun tanpa ada halangan, padahal jarak jangkau cukup jauh, dari daerah darussalam sampai mesjid raya Baiturrahman... (berapa kilometer tuh).

Ulasan lain kali mungkin akan menyajikan rangkaian elektronika hasil rakitan dan comot sana-sini..... tentunya bagi yang hobby ngerakit elektronika bakal bisa nyambung...